Saturday 2 April 2011

airport yang paling ditakuti pilot sedunia







Bandara Courchevel, Perancis



Bandara ini memiliki landasan pacu sepanjang 1.700 kaki yang menyerupai lereng ski. Pilot harus memilih untuk mendarat dari sisi paling rendah dan kebalikannya ketika akan take off. Untuk mendarat di bandara ini hanya pilot dengan kriteria tertentu yang diperbolehkan.


Bandara Internasional Don Muang, Thailand



Sepintas tidak ada yang aneh dari airport yang memiliki 2 landasan pacu ini. Tapi, tahukah kamu bahwa di antara kedua landasan terdapat lapangan golf 18-hole?! Entah dengan pertimbangan apa mereka membuat lapangan golf ini, tapi yang jelas, setiap pilot akan ketakutan ketika tiba-tiba ada yang berhasil 'hole in one' ke lubang mesin pesawat.


Bandara Gibraltar



Kurangnya tanah kosong di wilayah Gibraltar mengharuskan pesawat berbagi landasan dengan jalan tol umum. Pada foto di atas; sebelah kiri adalah pemandangan ketika jalan tol dipadati kendaraan lalul lalang, sebelah kanan adalah pemandangan ketika sebuah pesawat mendarat dan kendaraan harus mengalah. Apa jadinya jika ada sopir yang tidak mau mengalah?


Bandara Juancho E. Yrausquin, Antillen - Belanda



Bandara ini memiliki landasan yang cukup pendek, 1.300 kaki. Sebelum menuju ke bandara ini, tentunya pilot harus serius memerika 'kampas rem' roda pesawat dan menyediakan baju pelampung besar bagi pesawatnya jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


Bandara Barra, kepulauan Hebridean, Skotlandia



Bandara ini tidak memiliki garis di landasan pacunya. Mubazir! Setiap kali dibuat garis akan terhapus jika air laut pasang, begitu pula dengan landasannya. Yup! Bandara yang rata-rata dikunjungi 1000 penerbangan pertahun ini berlokasi di atas pantai yang berpasir dan hanya bisa digunakan ketika air laut surut. Umumnya pilot memilih naik boat ketimbang naik pesawat untuk berlibur di kepulauan Hebridean ini.


Bandara Tenzing Hillary, Nepal



Bandara yang terletak di bagian timur wilayah Nepal ini memiliki panjang landasan 1.729 kaki, dan terletak di ketinggian 2.860 meter di atas permukaan laut. Pilot harus membuat perhitungan yang tepat sebelum take off, atau pesawatnya akan mencium kaki gunung di depannya.

0 comments:

Post a Comment