Saturday 19 March 2011

ASI Bikin IQ Lebih Tinggi

Para peneliti menemukan anak-anak yang mendapat ASI eksklusif setidaknya lima minggu pertama dalam hidupnya kebanyakan memiliki skor IQ lebih tinggi.

Kemudian para peneliti mencoba melihat hasil yang timbul dari perbedaan tersebut. Maria lacovou, peneliti dari Institute for Social and Economic Research, Essex, Inggris, mengatakan bayi yang mendapatkan ASI memiliki skor IQ antara 3-5 poin lebih tinggi.

Kesimpulan tersebut dibuat berdasarkan riset yang mengikuti kehidupan lebih dari 14.000 ibu yang melahirkan bayinya di tahun 1991 dan 1992. Skor IQ mereka diukur di usia 5, 7, 11 dan 14 tahun. "Kami tidak terkejut jika efeknya memudar seiring usia, tapi ternyata tidak. Bayi yang mendapat ASI otaknya tetap cemerlang," katanya.

Kandungan asam lemak rantai panjang dalam ASI, menurut lacovous akan membentu perkembangan otak. Manfaat lainnya adalah kedekatan emosional antara ibu dan anak.
Studi lain menyatakan bayi yang mendapatkan ASI lebih jarang sakit sehingga hal ini mungkin berpengaruh pada kecerdasan mereka. (Lusia Kus Anna)
Sumber: Kompas.com

0 comments:

Post a Comment